Kamis, 12 April 2012



CONTOH PEMBUATAN LAPORAN PRAKTEK INDUSTRI OTOMOTIF 




                                                         BAB I
PENDAHULUAN

Perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi dewasa ini sangatlah pesat. Tidak menutup kemungkinan dunia usaha atau dunia industri akan menjadi lebih selektif dalam memilih tenaga kerja yang akan masuk atau bekerja di tempatnya. Oleh karena itu Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan disiplin sangatlah dibutuhkan.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu sarana atau lembaga pendidikan yang dapat mempersiapkan ketrampilan dan disiplin siswa agar siap untuk memasuki dunia kerja atau industri sesuai dengan kompetensi yang di pelajari. Dengan adanya Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini diharapkan siswa dapat memahami lebih dalam tentang ilmu yang di pelajari di sekolah secara lebih nyata, mendapat tambahan wawasan, pengalaman, dan perkembangan mental. Selain itu Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini juga dapat menjadi media bagi siswa untuk menunjukkan kualitas ilmu yang di pelajari di sekolah pada dunia usaha atau dunia industri dan menerapkan sesuai dengan kondisi dan situasi di industri sebenarnya. Kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini dilakukan selam 4 bulan yang terbagi menjadi 2 gelombang yaitu gelombang I selama 2 bulan yaitu pada bulan Febuari s/d Maret dan gelombang II selama 2 bulan yaitu pada bulan Juli s/d Agustus. Tempat Prakerin yang digunakan harus mendapat rekomendasi kelayakan DU/DI yang dikeluarkan oleh K3 masing-masing kompetensi keahlian, kemudian siswa menghubungi/konfirmasi langsung kepada DU/DI yang telah direkomendasi untuk menyerahkan surat permohonan Praktek Kerja Industri. Kemudian siswa menunggu surat balasan dari DU/DI  tentang kepastian diterima atau tidaknya untuk melaksanakan Prakerin ditempat tersebut. Setelah diterima mak diharapkan siswa dapat menjalani kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) secara maksimal tanpa ada beban sesuai jadwal.
Semoga pengalaman yang diperoleh selama melakukan Praktek Kerja Industri (Prakerin) dapat menjadi bekal untuk siswa dalam menyiapkan diri sebagai tenaga kerja yang terampil, cerdas, dan berkualitas atau bahkan dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.
                                                                                         

1.1  Tujuan Praktek Kerja Industri (Prakerin)

Dalam melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini ada beberapa tujuan yang diharapkan yaitu:

1.      Menghasilkan peserta didik yang terampil, berkompetensi, cerdas, professional, dan memiliki wawasan yang luas.
2.      Meningkatkan efisiensi dan efektifitas prosen pendidikan yang dilakukan disekolah
3.      Melatih siswa agar dapat bertanggung jawab dan mampu bekerja sama dengan orang lain.
4.      Memberikan kesempatan bagi siswa agar dapat mengaplikasikan apa saja yang dipelajari disekolah ke dunia usaha atau industri
5.      Mengasah kemampuan sesuai dengan bidang keahlian

1.2  Tujuan Pembuatan laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin)

Hasil yang diharapkan dalam pembuatan laporan setelah siswa melakukan prakerin antara lain :

1.      Meningkatkan kemampuan dalam membuat karya tulis tentang kegiatan / pekerjaan sesuai job.
2.      Siswa dapat mengetahui sistem pelayanan dalam dunia usaha atau industri dan merumuskan dalam bentuk karya tulis.
3.      Menerapakan sistem manajemen penjaminan mutu yaitu selalu mengerjakan apa yang telah diprogramkan dan mencatat apa yang telah dikerjakan.

1.3  Kerangka Laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin)
a.       Halaman depan, meliputi :
·         Halaman judul
·         Halaman pengesahan
·         Kata pengantar
·         Daftar isi
·         Daftar gambar grafik
b.      Bagian pendahuluan
·         Uraian tujuan prakerin
·         Uraian tujuan pembuatan laporan prakerin
·         Kerangka laporan prakerin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar